Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Daily Classes

Regular Program
Merupakan program kelas yoga harian rutin yang dapat Anda ikuti sesuai dengan kebutuhan dan waktu yang Anda miliki. Diperuntukkan bagi semua tingkat kemampuan ( all levels ), atau disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda. Berdurasi 60 menit ( 1 jam ) hingga 90 menit ( 1,5jam) per sesi dan dibawakan dengan tema kelas yang berbeda-beda


Yoga Kids & Teen
Khususnya bagi anak – anak, berlatih yoga akan melatih kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan tubuh. Berlatih yoga juga mengajarkan cara – cara berkonsentrasi dan memusatkan perhatian hanya pada satu hal. Ini akan membantu mereka untuk menyerap pelajaran lebih baik, dirumah ataupun di sekolah.


Prenatal Yoga
Prenatal Yoga adalah program yoga khusus untuk kehamilan dengan teknik dan intensitas yang telah disesuaikan dengan kebutuhan fisik dan psikis ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Program ini menekankan pada teknik - teknik postur yoga, olah napas, rileksasi, teknik - teknik visualisasi dan meditasi yang berguna sebagai media self help yang akan memberi kenyamanan, ketentraman, ...

Workshop & Training

Yoga Leaf Hatha Yoga Teacher Training Course 200 Hours
Come join in our comprehensive 200 hours of Hatha Yoga Teacher Training Course in Yoga Leaf, Bandung, Indonesia. Held since 2006, this program has graduated over 100 alumni who teaches yoga throughout Indonesia. Learn how to teach yoga safely in a friendly, supportive and fun atmosphere that will facilitate all participants to absorp the knowledge, and transform smoothly from a student of yoga to become a yoga teacher. Accredited by Yoga Alliance.


Yoga Leaf Prenatal Teacher Training Course 85 Hours
This program is the intensive 85 hours training that will explore yoga teaching techniques that is safe, modified, and beneficial for both expectant mother and baby. Aim to create a skillful and professional prenatal yoga facilitator who is able to guide pregnant mums undergoing a healthy pregnancy, gentle birth, and later on, mindful mothering. Accredited by Yoga Alliance.


Yoga Leaf Kids Teacher Training Course 30 Hours
Yoga adalah sebuah sistem tentang kesehatan yang menyeluruh yang telah ada sejak berabad – abad silam. Telah banyak orang menggunakan yoga sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran, juga untuk mempelajari cara – cara untuk rileks dan meningkatkan konsentrasi.

Be Leaf Community

Short Course Kinchaku & Bukber Potluck

Bandung, 11 Juli 2015 Yuk ikutan di bulan Ramadhan ini? Menunggu waktu berbuka puasa sambil mempelajari kegiatan yang bermanfaat ( dan berpotensi menjadi penghasilan tambahan ). Kinchaku adalah kantong serut khas Jepang yang berbahan kain perca yang memiliki teknik jahitan yang khas dan model yang unik. Kinchaku berasal dari kebiasaan masyarakat Jepang yang

The Art of Awareness - Seni Mengolah Rasa Melalui Tubuh, Nafas, dan Pikiran

Taman Hutan Raya Djuanda, Bandung, 27 Mei 2014 Yoga bareng Pujiastuti Sindhu di hari libur Isra Miraj, Selasa, 27 Mei 2014, Jam 9 pagi - 11 siang, di Lapangan Tenis TAHURA, Jl. Ir H Djuanda Bandung (Goa Jepang/Belanda).Bayar tiket masuk sendiri, yoga kencleng saridhona, bawa alas/matras yoga sendiri, bawa air minum/cemilan/makanan

See All

Article

Kontemplasi Diri: Aku & Objek-Objek Kemelekatanku ( bagian 11 - terakhir )

Apa yang kamu cari, mencarimu.   Ungkapan ini selalu sukses membuat saya–yang  jujur adalah pencemas dan sering paranoid--merinding. Apa yang kamu pikirkan akan terjadi, jadi hati-hatilah dengan pikiranmu. Konon menurut Lao Tze, pikiran akan menimbulkan aksi, lalu aksimu akan jadi kebiasaanmu, dan akhirnya kebiasaanmu akan jadi takdirmu. Ini berlaku untuk pikiran baik

Kontemplasi Diri: Aku & Objek-Objek Kemelekatanku ( bagian 10 )

Dibandingkan tulisan-tulisan sebelumnya, bagian ini adalah yang tersulit. Benar adanya, kerinduan dan kesedihan adalah situasi yang romantis inspiratif, bahan bakar yang baik untuk menulis. Buktinya, saya pun lebih produktif menulis saat galau.   Menyingkat saja perjalanan kemelekatan selama 4 bulan terakhir. Di awal perjalanan saya berjuang untuk tidak membeli sebuah sepeda karena

Kontemplasi Diri: Aku & Objek-Objek Kemelekatanku ( bagian 9 )

Kata orang, kalau jodoh tidak akan kemana-mana. Yang sudah jalannya akan dibukakan. Yang bukan jalannya akan tertutup. Selalu seperti itu.    Termasuk persoalan sepeda ini. Sudah dilupakan dan dialihkan ke banyak hal lainnya, eh balik lagi dengan berbagai modus dan skenarionya, sampai ada yang minjemin segala. Ini adalah konspirasi alam semesta, Sepeda

Life is not happening to you, life is responding to you.

Sebagai seorang pengamal ajaran "tak ada yang kebetulan" ( selain juga aliran moderat ala Vety Vera "yang sedang-sedang saja" ), saya cenderung fleksibel dalam banyak hal. Open option.   Dalam hal pekerjaan, walaupun saya punya pakem dalam menjalankan jadwal pelatihan namun saya tetap memberikan ruang untuk melakukan beberapa perubahan mendadak bila memang

See All

Yoga Kehamilan Untuk Meredakan Morning Sickness

Ada satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh bumil ( ibu hamil ) mengenai  yoga untuk kehamilan / prenatal yoga. Pertanyaan tersebut adalah : ‘ Kapan sebaiknya bumil boleh mulai berlatih yoga hamil ? ‘.

Sebenarnya, bumil sudah boleh mulai berlatih yoga sejak awal kehamilan. Bahkan ia sudah boleh berlatih yoga hamil sejak pertama mendapat kepastian positif hamil. Namun ini dengan syarat, bahwa ia tidak mengalami salah satu dari kondisi berikut ini :
1.    Tidak ada resiko keguguran di kehamilan sebelumnya.
2.    Tidak mengalami gejala morning sickness yang mengganggu.

Perlu dipahami bahwa dalam trimester pertama kehamilan ( 1 – 14 minggu ) risiko keguguran adalah yang tertinggi dibandingkan trimester tengah dan akhir. Pada trimester awal ini, kantung kelahiran ( amniotic sac ) dan plasenta baru mulai terbentuk sehingga rapuh dan mudah ‘terlepas’ bila mengalami guncangan. Ibu hamil dengan riwayat keguguran beresiko lebih tinggi mengalami keguguran di kehamilan berikutnya. Walaupun tidak semua bumil pernah mengalami keguguran, demi keamanan sang calon bayi, maka bumil disarankan untuk beristirahat di sepanjang trimester awal kehamilannya.

Selain itu, di trimester awal kehamilan embrio akan memulai fase pembentukan otak, sistem syaraf, dan sirkulasi darah. Fase penting yang melibatkan hormon HCG ( Human Chorionic Gonadotropin ) dan estrogen – yang keduanya merupakan hormon pemelihara kehamilan – ini akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam darah yang menyebabkan masalah pada saluran pencernaan dan memicu mual-mual, muntah, anemia, mudah tersinggung, dan tidak bersemangat. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk lebih banyak beristirahat untuk menyesuaikan diri dengan segala perubahan hormonal dan mendukung proses yang tengah terjadi dalam rahimnya.

Pertanyaan selanjutnya, ' Lalu bagaimana dengan ibu hamil muda yang tidak mengalami morning sickness ? '

Tentu saja, untuk mereka yang merasa fit di awal kehamilannya dapat langsung bergabung dengan kelas yoga hamil. Tapi terlebih dulu, pastikan kondisi kehamilan anda ke dokter kandungan untuk menghilangkan kekuatiran.

Kembali pada Morning Sickness. Ketidaknyamanan ini bisa diatasi dengan cara mengubah pola makan. Makan dalam porsi kecil namun sering secara teratur, makan kudapan yang tidak terlalu kuat rasanya ( seperti crackers dan biskuit ), makan buah-buahan, dan minum air putih ( bisa juga di campur dengan sedikit madu ) untuk menjaga kesegaran tubuh. Juga, minum-minuman bersoda atau secangkir teh jahe hangat untuk mengatasi kembung atau mual. Mengudap satu atau dua keeping crackers pada pagi hari sebelum bangun dari tempat tidur akan menghindarkan diri dari morning sickness.

Walaupun gejala ini dianggap normal, apabila anda hingga mengalami kemunduran kesehatan karena morning sickness – misalnya hinga mengalami dehidrasi dan penurunan berat badan yang cukup banyak – segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan anda untuk mendapatkan nasihat medis lebih lanjut.

Selain itu, dianjurkan juga untuk mempraktikkan beberapa teknik yoga hamil berikut ini , yang bermanfaat untuk mengendalikan rasa tidak nyaman akibat morning sickness :

A. Teknik Pernapasan Berdesis ( Sitkari )

Teknik pernapasan ini bermanfaat untuk memberikan kesejukan pada tubuh, menenangkan pikiran, mengatasi panas dalam dan meringankan rasa mual. Dapat dilakukan dalam posisi tubuh manapun ( duduk, berdiri, berbaring ). Lakukan di tempat yang bersih dari polusi udara. Caranya :

Tempelkan gigi bagian atas dan bawah, tempelkan ujung lidah pada titik pertemuan gigi ( tidak digigit ). Tarik napas melalui mulut/gigi, dan rasakan udara sejuk memasuki rongga mulut, tenggorokan, dan rongga dada. Tutup mulut sejenak setelah menarik napas. Buang napas, perlahan keluarkan napas melalui lubang hidung. Lakukan selama beberapa putaran napas. ( tips : coba untuk membayangkan kesejukan yang mengalir ke pusat rasa mual atau panas saat menarik napas. Bayangkan juga asap hitam panas yang terlepas melalui rongga hidung saat membuang napas ).


B. Postur Yoga Restoratif

Prinsipnya, saat tubuh dan pikiran terasa penat atau tidak nyaman berarti ada saluran energi yang tersumbat di tubuh anda. Berlatih postur yoga restoratif ( yang aman dilakukan oleh bumil ) akan mengistirahatkan tubuh dan pikiran, meringankan ketidaknyamanan dan melancarkan kembali sirkulasi energi tubuh. Lakukan postur-postur berikut ini sambil mengatur napas perlahan dan dalam ( atau lakukan dengan teknik pernapasan berdesis / sitkari ) dengan urutan :


1.    Child Pose  ( Posisi Anak )

Duduk di atas tumit dan renggangkan kedua lutut hingga sejajar pinggul. Sambil membuang napas, condongkan tubuh ke depan dan istirahatkan kening pada alas. Letakkan kedua lengan di samping tubuh dengan telapak tangan menghadap atas. Pejamkan mata. Bernapas perlahan. Lakukan selama yang anda inginkan. ( tips: Anda dapat menyelipkan bantal tidur di antara betis dan bokong anda, dan tumpuk kepalan tangan untuk menyangga kening ).


2.    Square Pose ( Posisi simetris )

Duduk di atas bantal tidur. Lipat kaki dengan posisi tumit kanan di atas lutut kiri, dan lutut kanan di atas tumit kiri. Rentangkan kedua tangan ke depan dan panjangkan tulang punggung. Sambil membuang napas, condongkan tubuh ke depan sejauh mungkin, dan tundukkan wajah sedekat mungkin ke alas ( atau ke balok yoga / tumpukan buku ). Pastikan punggung anda tidak membungkuk ( yang akan menekan ulu hati dan menyebabkan mual ). Pejamkan mata. Bernapas perlahan. Lakukan selama yang anda inginkan. ( tips: Bila kaki anda tidak nyaman dalam posisi ini, bisa dimodifikasi dengan bersila biasa )


3.    Supine Butterfly ( Posisi kupu-kupu berbaring )

Duduk dengan kedua lutut di tekuk dan telapak kaki ditempelkan. Letakkan bantal guling dengan posisi memanjang di belakang tubuh dan dengan ujung yang menempel pada panggul belakang/bokong. Perlahan turunkan punggung untuk beristirahat di atas bantal. Pastikan punggung lurus dan tersangga sepenuhnya oleh bantal. Istirahatkan kedua lengan di samping tubuh dengan kedua telapak tangan terbuka ke atas. Pejamkan mata. Bernapas perlahan. Lakukan selama yang anda inginkan. ( tips : agar lebih nyaman, letakkan bantal tidur di bawah kepala )


4.    Legs Up The Wall ( Postur Berbaring Kaki Bersandar pada dinding )

Letakkan bantal atau guling di dekat dinding dan duduk menyamping di atasnya. Putar tubuh ke arah dinding. Baringkan tubuh pada alas dan luruskan kaki untuk beristirahat pada dinding. Pastikan tulang punggung bawah bertumpu pada bantal dan bahu belakang beristirahat pada alas. Istirahatkan kedua lengan disamping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas. Pejamkan mata. Bernapas perlahan. Lakukan selama mungkin yang diinginkan. ( tips : jangan lakukan saat mual )

 

......................

Lakukan seluruh postur yang disarankan sesuai dengan urutan atau pilih hanya salah satunya yang anda paling sukai, sebagai teknik darurat kapanpun diperlukan. Dianjurkan juga untuk melakukan teknik pernapasan berdesis ( Sitkari ) untuk memberi kesejukan ke dalam rongga tubuh dan meredakan rasa mual.


Selamat mencoba !

Namaste,

Ujie

“ Let s take a few steps back, for a further step forward  “ #fb

(tips – tips lainnya dapat di baca di buku Yoga Untuk Kehamilan Sehat, Bahagia dan Penuh Makna karya Pujiastuti Sindhu. Untuk pemesanan, silakan kirimkan email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau hubungi Yoga Leaf Center di 022 7304598 ).

PrintEmail

Comments   

0 #1 Tips Kehamilan 2015-08-15 19:24
whoah this weblog is excellent i like reading
your articles. Stay up the great work! You recognize, many people are looking around for this info, you could help them greatly.
Quote

Add comment


Security code
Refresh

© Copyright  Yoga Leaf 2004 - 2016

Articles View Hits
1264703