Yoga Online di Masa Pandemi

Kelas grup yoga online alumni Wanita Teknik Kimia ITB ( Tekanita )
Kelas grup yoga online alumni Wanita Teknik Kimia ITB ( Tekanita )

Menjawab pertanyaan calon murid via japri ( email, WA, DM ) atau yang langsung berkunjung ke tempat kami, “Apakah Yoga Leaf membuka kelas yoga online / offline selama pandemi?”

Jawabannya, ya, kami mengadakan kelas yoga online – namun kami tidak mengadakan kelas offline – selama pandemi. Tujuannya adalah untuk saling menjaga keamanan diri ( diri sendiri, keluarga – kebetulan saya membuka kelas di rumah – dan murid2 yoga ) dari penularan covid 19. Kenyataannya, kita bisa tertular virus dari manapun, tidak pernah ada yang tau. Kami hanya ingin memastikan jika ada yg tertular, itu tidak tertular dari kelas yoga.

Bagaimana jika kelasnya dilakukan sesuai protokol kesehatan covid-19?

Untuk itu, silakan renungkan dulu ke tiga pertanyaan ini:

  • Apakah anda yakin sebagai pengajar ( atau murid anda ) yang suhu tubuhnya berkisar 35-36 derajat bukan OTG?
  • Bisakah anda ( dan murid ) berdisiplin selalu mengenakan masker dan face shield selama kelas tanpa pernah dibuka ( dan apakah nyaman beryoga/olah raga seperti itu)?
  • Mampukah anda dan murid berdisiplin menjaga jarak ( tidak kontak fisik seperti berpelukan, salaman, cipika cipiki, atau foto berdekatan tanpa masker ) dan menjaga pertemuan seperlunya saja?

Bila anda bisa, artinya anda cocok menjalankan/mengikuti kelas yoga offline, tapi saya tidak. Saya tidak yakin bisa mempertahankan protokol covid selama dan setelah kelas. Suasana yang terlampau dekat dengan murid-murid yoga akan membuat situasi menjadi cair, penuh euforia, merasa aman, dan membuat longgar kewaspadaan.

Tentu saja ada banyak kendala saat menjalankan kelas yoga online yang memerlukan kesabaran ekstra saat menjalaninya. Nanti saya akan bahas dalam tulisan lainnya. Walaupun begitu, mengajar dan mengikuti kelas yoga online adalah opsi yang teraman pada saat ini. Mari kita tetap bersabar.

Covid-19 itu nyata. Beberapa teman dan kerabat kehilangan anggota keluarganya karena itu. Jadi, mari kita hindari pertemuan-pertemuan yang masih bisa ditunda, dan semoga pandemi ini segera berlalu.

Stay safe!

Sampai jumpa di kelas Yoga Leaf online!

 

Link:

Cek jadwal online kami disini.

Akun instagram kami bisa dicek disini.

Sesi yoga dan meditasi kami bisa dilihat disini

Kami juga membuka kelas yoga grup/korporat, silakan menghubungi kami disini.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of