Tips Untuk Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia ( Yoga Untuk Sulit Tidur – Part 2 )

Ada beberapa tips untuk mengatasi sulit tidur atau insomnia. Secara teori, cara paling mudah untuk mengatasi insomnia / sulit tidur adalah dengan membuat tubuh cukup lelah sehingga menimbulkan kantuk dan lebih mudah untuk terlelap. Namun, hindari berolahraga terlalu ‘keras’ yang akan membuat tubuh pegal-pegal dan justru menyebabkan susah tidur. Lakukan olahraga dengan intensitas ringan/sedang tetapi rutin, dan jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

Beberapa cara berikut, akan membuat tubuh dan pikiran berada dalam kondisi yang tenang dan rileks sebelum tidur :
•    Berendam atau mandi air hangat sebelum tidur, yang akan melemaskan otot – otot tubuh anda, membersihkan tubuh dan menimbulkan sensasi nyaman. Taburkan satu sendok makan garam mandi  / bath salt ke dalam bak mandi anda untuk membantu ‘melarutkan’ kelelahan dan menambah sensasi nyaman setelah mandi.
•    Kenakan pakaian tidur yang nyaman dan cukup longgar, agar tubuh anda leluasa untuk bernapas dan tidak pegal-pegal di pagi hari.
•    Melakukan stretching ringan dengan yoga, untuk ‘memeras’ sisa-sisa ketegangan dari tubuh dan pikiran.
•    Memakan sebuah pisang. Pisang mengandung magnesium, kalium, dan potassium yang dapat melemaskan otot sehingga memberikan rasa nyaman pada tubuh dan memudahkan tidur.
•    Melakukan aktivitas yang meditatif seperti berdoa, berlatih pernapasan, rileksasi, dan meditasi sebelum tidur untuk membebaskan anda dari kecemasan.
•    Memperbaiki pola hidup saat beraktivitas dan beristirahat. Hindari tidur siang yang terlalu lama ( lebih dari satu jam ) yang akan membuat anda sulit tidur di malam hari.
•    Hindari makanan/minuman yg memiliki efek stimulan atau mengandung kafein setelah jam 3-4 sore, seperti kopi, teh, dark chocolate, soft drinks, energy drinks. Juga, hindari makan terlalu larut malam.

Yang tidak kalah penting dalam usaha untuk mengatasi sulit tidur / insomnia adalah menciptakan suasana ruang beristirahat yang lebih nyaman. Perhatikan, Apakah kondisi ruang tidur anda saat ini cukup layak disebut sebagai tempat untuk beristirahat ? Kondisikan ruang tidur anda sedemikian rupa untuk menciptakan atmosfir yang menyenangkan untuk beristirahat didalamnya.

Berikut ini adalah tips untuk menciptakan ruang tidur yang lebih nyaman untuk beristirahat :
•    Rapikan ruang tidur anda. Pastikan tidak ada pemandangan, bau-bauan dan suara-suara yang mengganggu. Ruang tidur yang bersih, rapi, dan beraroma segar akan menimbulkan rasa tentram yang mengundang keinginan untuk beristirahat didalamnya.
•    Khususkan ruang tidur hanya untuk tempat beristirahat. Jangan menggabungkan beberapa fungsi di kamar tidur anda ( misalnya sekaligus untuk ruang kerja, ruang makan, uang tamu, atau ruang menonton tv ). Menggunakan kamar hanya untuk beristirahat akan mengkondisikan pikiran untuk tenang dan melambat saat memasukinya.
•    Pasang lampu tidur yang temaram untuk membantu anda tidur. Ruangan yang gelap akan menstimulasi produksi hormon melatonin yang membuat anda lebih mudah terlelap.
•    Nyalakan musik yang lembut, atau instruksi relaksasi yang akan mengantar anda ke dalam istirahat malam yang lebih dalam.

Demikian, semoga tips – tips di atas cukup membantu anda dalam mengatasi masalah sulit tidur atau insomnia. Goodluck !

( Artikel berikutnya adalah tentang “ Praktik Yoga Untuk Mengatasi Insomnia “.. Tetap ikuti ! ^^ )

Baca artikel sebelumnya ” Apa itu Insomnia dan Apa Penyebabnya ? (Yoga untuk Sulit Tidur – Part 1 ) “

Namaste,

Ujie

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of