Pengantar Pelatihan Pengajar Yoga Untuk Anak Sehat, Ceria, dan Bahagia ( Yoga Leaf Kids Teacher Training Course 2011 )

Masa kanak-kanak adalah masa yang sangat penting dalam hidup manusia. Dalam rentang masa yang tidak terlalu panjang ini, yaitu hanya sekitar 12 tahun di awal masa kehidupan atau hanya sekitar 1/5 atau bahkan 1/8 dari panjang usia manusia, masa kanak-kanak adalah landasan penting dalam hidup manusia. Bisa dikatakan bila seseorang merasa bahagia di masa kecilnya, maka ia akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri, kuat dan bahagia di masa dewasanya. Sebaliknya, bila seorang anak kurang bahagia di masa kecilnya, maka ia akan tumbuh menjadi orang dewasa yang tidak percaya diri dan kurang bahagia  di saat dewasanya. Bila diibaratkan menanam pohon, masa anak-anak adalah masa penyemaian benih dan merawat tunas yang tumbuh, yang memerlukan perhatian khusus agar kelak bisa tumbuh menjadi pohon yang subur dan kuat.

Kebanyakan orang mulai berlatih yoga setelah dewasa.  Selain sebagai kegiatan fisik yang menyehatkan, berlatih yoga juga menjadi wisata bagi pikiran dan perasaan. Terutama bagi orang dewasa yang sibuk bekerja, berlatih yoga adalah sarana untuk meredakan lalu lintas pikiran ( yang bila terlalu hiruk pikuk maka akan menyebabkan stress ) juga menjadi sarana untuk menyendiri  ( me time ) diantara banyaknya kewajiban dan tuntutan rutinitas harian. Namun, selain merasa bersyukur karena telah ‘menemukan’ yoga di masa dewasanya, kebanyakan orang juga menyayangkan ‘tidak bertemu yoga sedari kecil’. Mereka menganggap bila mereka berlatih yoga sejak kecil akan membuat mereka menjadi seseorang yang lebih baik lagi saat ini.

Praktik yoga, baik untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak, pada prinsipnya adalah praktik yoga yang sama. Perbedaannya adalah dalam segi penyesuaian atau modifikasi dari teknik yoga yang dilakukan. Tidak semua praktik yoga orang dewasa sesuai untuk anak-anak. Praktik yoga anak-anak harus disesuaikan dengan kondisi fisik dan mental anak-anak yang masih dalam tahap awal perkembangannya. Yoga untuk anak-anak adalah jenis yoga yang sederhana yang lebih mementingkan ‘cara yang tepat’ ketimbang ‘teknik yang sempurna’. Membiasakan seorang anak beryoga sejak dini akan membuatnya lebih sehat, kuat, gesit, rileks, dan bila kebiasaan baik tersebut dilanjutkan hingga dewasa akan membuatnya menjadi orang dewasa yang terjaga kesehatannya, serta tertata mental serta spiritualnya.

Anak-anak adalah spons yang dengan mudahnya menyerap setiap hal yang mereka temui setiap hari. Anak-anak akan menyerap setiap informasi  – baik itu informasi positif maupun informasi negatif –  yang akan mengakar kuat ke alam bawah sadarnya dan kemudian sewaktu-waktu akan kembali muncul dalam bentuk pikiran positif atau pikiran negatif ( atau bahkan traumatik ). Tugas anda kelak sebagai seorang fasilitator yoga anak-anak adalah menularkan kebiasaan positif berlatih yoga sejak dini, yang akan mengakar kuat ke alam bawah sadarnya, sehingga diharapkan menjadi kebiasaan positif yang menjadi bekalnya saat dewasa kelak.  Dan karena mengajar adalah proses timbal balik dan introspektif, dengan mengajarkan tentang kebiasaan baik, anda pun sebenarnya tengah belajar tentang kebiasaan baik.

Bagi anda yang sebelumnya telah menjadi seorang pengajar yoga, mengajar yoga anak-anak adalah satu cara untuk ‘menarik satu langkah kebelakang’, yaitu saat untuk lebih mempraktikkan dan mengajarkan kesabaran ketimbang mengajarkan pose-pose yang sulit. Juga untuk menarik anda dari pandangan tentang bagaimana sebuah kelas yoga ‘idealnya dilakukan’, untuk menyelaraskan ritme anda dengan ritme anak-anak murid anda, serta menikmati kekinian bersama mereka secara apa adanya. Anda akan semakin menyadari bahwa profesi mengajar benar-benar proses timbal balik dan momen yang introspektif. Saat anda mengajar, sebenarnya anda sedang belajar. Ini akan anda rasakan terutama saat mengajarkan kelas yoga anak-anak.

Dan bagi anda yang baru mulai berniat mengajar yoga anak-anak ( atau pun yang merasa sebelumnya belum terlalu lama berlatih yoga ) namun memiliki ketertarikan besar pada dunia anak-anak, anda tidak perlu berkecil hati. Yoga untuk anak-anak adalah jenis yoga yang sederhana. Rasa kasih sayang dan niat tulus anda untuk berbagi yoga dengan anak-anak merupakan bahan bakar yang tidak ternilai harganya. Terutama bila anda telaten dan penuh semangat, anda pun akan dapat mengajarkan yoga anak-anak tidak kalah baik dengan mereka yang telah berpengalaman mengajar yoga sebelumnya. Dalam pelatihan ini pun nanti anda akan diberikan beberapa panduan dasar serta ide-ide mengajar yang akan memperkaya pengetahuan dan memberi anda rasa percaya diri saat mengajarkan yoga anak-anak kelak. Tentu saja, dengan catatan, anda pun diharapkan untuk terus mempraktikkan dan menambah pengetahuan yoga, untuk memperkaya pemahaman yoga anda di sepanjang perjalanan mengajar anda nanti.

Demikian, Sampai jumpa di Yoga Leaf Kids Teacher Training Course 2011

Carin Studio Ruko Villa Melati Mas Blok SR 15 no 39 Serpong Tangerang

tanggal 21 – 24 Juli 2011

yang akan datang ! 🙂

 

Namaste,

Pujiastuti Sindhu, RYT

Fasilitator

 

PS.

– Mensana in Corpore Sano – dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Mempergunakan teknik-teknik yoga yang selain akan meningkatkan kesehatan secara fisik, juga meningkatkan kesehatan mental dan spiritualitas anak-anak.

– Peace begins with each child – Damai dimulai dari diri satu persatu anak di dunia. Mempraktikkan yoga akan menghadirkan rasa tenang, damai, percaya diri dan penghargaan terhadap diri. Sebagai media untuk mengendalikan diri, sebagai bagian dari perdamaian dalam  komunitas global.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of