Panduan Makan Sehat Cara Yoga Selama Berpuasa

Banyak orang telah mengetahui manfaat puasa untuk kesehatan khususnya bagi organ pencernaan. Dengan berpuasa, organ pencernaan akan beristirahat dan tubuh akan mempergunakan kesempatan ini untuk membersihkan diri ( detoksifikasi ) dari sampah/kerak/toksin yang bertumpuk selama bertahun-tahun di sepanjang jalur pencernaan. Dengan berpuasa, tubuh pun akan kembali mencapai homeostasis/seimbang.

Ritual puasa sesungguhnya bukan hanya milik satu golongan kepercayaan saja. Faktanya, semua keyakinan memiliki ritual puasanya masing-masing. Dalam konteks puasa Ramadhan, di saat para muslim berpuasa untuk mendapatkan manfaat menyeluruh ( fisik – mental – spiritual ) selama lebih kurang 12 jam ( Adzan subuh ke Adzan maghrib ), para non muslim pun sebenarnya bisa mendapatkan manfaat fisik detoksifikasi dari puasa. Mereka dapat berpuasa secara penuh seperti halnya para muslim atau melakukan puasa kecil/mini.

Cara berpuasa mini/kecil sangatlah sederhana dan mudah.  Anda dapat mulai berpuasa pada pk.19.00 ( 7 malam ) dan berbuka puasa pada pk.15.00 ( 3 sore ) hari berikutnya. Selama berpuasa anda masih diperbolehkan minum air putih dan jus buah ( tanpa gula ). Berbukalah dengan pola makan sehat dan alami yang dijelaskan dalam artikel ini. Pola berpuasa seperti inijuga dapat diikuti oleh para Muslimah yang tengah berhalangan berpuasa. Lakukan minimal 7 hari ( 1 minggu ) berturut-turut.


Selain berpuasa, anda membutuhkan usaha lainnya untuk mendetoksifikasi tubuh. Usaha yang paling utama adalah mengatur pola makan. Tentu saja, usaha untuk membuang racun di siang hari puasa akan sia-sia jika anda kembali menumpuk racun di malam harinya. Ikuti beberapa tips berikut ini untuk pola makan sehat  ala yoga selama berpuasa:

•    Makanlah secara lengkap setiap harinya ( mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin ) untuk memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan tubuh selama berpuasa. Karbohidrat bisa didapatkan dari sumber nasi/roti/mi/kentang, protein dari sumber hewani maupun nabati, lemak nabati atau hewani, dan mineral & vitamin dari sumber sayuran dan buah-buahan.

•    Cobalah menjadi Vegan/Vegetarian selama berpuasa. Kombinasikan karbohidrat + sayuran ( yang ditumis dengan sedikit minyak dan tanpa MSG/dikukus/mentah ) + protein nabati ( tempe/tahu kukus/bacem ).

•    Selalu sediakan lalab sayuran mentah segar / salad  tanpa dressing ( mayonais ) di meja makan untuk tambahan vitamin + mineral.

•    Bila sesekali ingin makan protein hewani ( telur, daging ), kombinasikan dengan banyak sayuran kukus/mentah ( tanpa karbohidrat – nasi, mi, kentang, roti ) seperti pola makan Food Combining.

•    Ganti nasi beras putih dengan nasi merah yang masih mengandung kulit ari beras ( berfungsi untuk mengerok kerak sisa makanan di dinding usus anda ).

•    Takjil terbaik selama berpuasa ialah kurma. Kurma mengandung gula sederhana yang mudah dicerna oleh  tubuh. Makanlah kurma saat berbuka puasa dan saat sahur.

•    Makan secara perlahan dan kunyah makanan sampai halus untuk mempermudah proses pencernaan dalam lambung.

•    Minum air putih 8 gelas ukuran 250ml/hari, di antara waktu berbuka dan sahur.

Selama berpuasa hindari beberapa makanan berikut:
1.    Makanan yang tidak alami/berbahan pengawet. Bahan pengawet sulit dicerna oleh tubuh.
2.    Gorengan ( deep fried food ) karena tinggi lemak jenuh dan kolesterol.
3.    Makanan yang diproses terlalu lama atau yang dipanaskan ( karena nutrisi dan rasanya hilang ). .
4.    Bahan makanan penyebab gas ( misalnya kol, buah nangka, dll ).
5.    Bahan makanan yang terlalu pedas, asam, atau manis yang akan memicu asam lambung.
6.    Bumbu penyedap yang mengandung MSG ( karena sulit dicerna tubuh dan bersifat karsinogen/penyebab kanker ).
7.    Makanan takjil yang terlalu manis dan mengandung santan ( karena tinggi lemak dan kolesterol ).
8.    Minuman teh dan kopi ( bersifat diuretik – memicu pembuangan cairan tubuh ). Bila ingin minum teh, pilih teh hijau dan tanpa gula.

PANDUAN SEHAT MAKAN SAHUR:

1.    Mulai dengan minum segelas air hangat yang diberi perasan jeruk nipis dan sejumput garam. Tunggu sejenak minimal  5 menit.
2.    Makan semangkuk buah potong atau jus aneka buah ( tanpa gula ). Buah-buahan telah mengandung gula alami sehingga tidak perlu diberi tambahan gula. Silakan kreasikan pilihan buah-buahan favorit anda dan jangan mencampur jus buah dan sayuran.
3.    Akhiri makan sahur anda dengan kembali minum air putih untuk membersihkan mulut, atau bila anda masih lapar, tunggu 15 – 30 menit sebelum memakan makanan berat ( nasi merah, protein nabati, dan sayuran tumis/kukus/mentah ). Akhiri dengan minum air putih.

PANDUAN SEHAT MAKAN BERBUKA PUASA:

1.    Mulai dengan minum segelas air hangat dan dilanjutkan dengan 2 – 3 butir kurma yang berkualitas.
2.    Makan 1 buah pisang ( untuk melumasi pencernaan anda ). Tunggu sejenak / 15 menit sebelum anda melanjutkan makan berat ( atau makanlah setelah shalat maghrib ).
3.    Makan berat dengan pola karbohidrat ( nasi merah ) + sayuran kukus atau tumis + tempe / tahu + lalaban/salad sayur.
4.    Akhiri dengan minum air putih untuk membersihkan mulut.

Ada sebuah filosofi yang mengatakan you are what you eat atau “ Kondisi diri anda tergantung dari makanan yang anda konsumsi setiap hari’. Artinya bila makanan yang kita konsumsi berasal dari sumber yang murni, maka fikiran akan mampu mengembangkan intelektualitas yang kuat serta daya ingat yang baik, demikian pula sebaliknya. Kecenderungan mental seseorang dapat terlihat dari jenis makanan yang dipilihnya. Tidak hanya sekedar you are what you eat, namun ketertarikan kita terhadap suatu jenis makanan juga bisa menunjukkan tingkat dari kemurnian mental dan spiritual kita.Saat kita merasakan bahwa diri mulai berubah ke arah yang lebih positif, kita juga akan menyadari bahwa pilihan makanan yang kita inginkan juga menjadi lebih baik dan sehat.

Selamat melanjutkan berpuasa. Nantikan artikel kami berikutnya.

 

(Pujiastuti Sindhu)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of