Mindful Mothering Through Yoga

Mindfulness ( kondisi penuh kesadaran ) adalah suatu kondisi saat secara sengaja anda menarik perhatian dari ‘dunia luar’ dan mengalihkannya ke hal lainnya, yang diiringi dengan minat/rasa keingintahuan yang tinggi. Kondisi penuh kesadaran dapat meningkatkan intensitas perhatian dan membuatnya terpusat hanya pada satu hal ( sehingga menjadi skill yang penting dan diperlukan untuk berkonsentrasi ). Kondisi ini ditandai dengan irama detak jantung yang menjadi lebih tenang, pikiran yang lebih ‘hening’, serta aliran napas yang semakin perlahan dan dalam. Saat mengalaminya, anda akan berada dalam situasi ‘kesadaran yang meluas’, merasakan kekinian, sehingga dapat menikmati hidup apa adanya.

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali keadaan sadar kita ’sibuk’ menerjemahkan sensasi – sensasi yang datang dari dunia luar dan diterima oleh organ penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, serta peraba kita, sehingga membuat pikiran senantiasa aktif dan sulit untuk merasakan ketenangan. Mempraktikkan mindfulness akan secara lembut mengendurkan keterikatan tersebut, menjadikan kita ‘tersadarkan’ akan kekinian, menghadirkan kedamaian serta menciptakan kehidupan yang lebih tenang dan meditatif.

Menjadi seorang ibu merupakan bagian yang alami dalam kehidupan seorang perempuan. Setelah menjalani masa-masa kehamilan dan proses kelahiran, maka babak selanjutnya adalah menjadi seorang ibu, yang akan merawat dan membesarkan anak hingga akhir hayatnya. Mindful Mothering merupakan satu konsep untuk mengasuh dan membesarkan anak secara menyenangkan dan penuh kesadaran, yang prinsip utamanya adalah ‘ menarik perhatian dari semua urusan yang dimiliki oleh orang tua dan mengalihkannya kepada anak ( -anak ) nya, dan kemudian menikmati waktu yang diluangkan bersama mereka dengan sepenuh hati ‘. Atau, bisa diungkapkan seperti ini: ‘ Ibu berada disini sepenuh hati hanya untukmu, Ibu akan mengabaikan semua urusan yang Ibu punya, dan Ibu sangat menikmati waktu – waktu saat bersamamu ‘. Konsep pengasuhan ini akan memberikan banyak manfaat untuk ibu maupun anak, baik secara fisik, mental dan spiritual, diantaranya:

  1. Meningkatkan kualitas komunikasi di antara orang tua dan anak.
  2. Meningkatkan kesehatan anak, membuatnya lebih ceria dan percaya diri.
  3. Meningkatkan rasa tentram pada diri anak, membuatnya merasa disayang dan bahagia.
  4. Meningkatkan ikatan batin dan kekompakan diantara orang tua dan anak.
  5. Menjadi media penyaluran ketegangan/ stress yang efektif bagi orang tua.

Kenyataannya, bukanlah tugas yang mudah untuk menjadi seseorang yang ’penuh kesadaran’ ( mindful ). Padahal, metode ini hanya akan berhasil bila anda terlebih dulu berada dalam kondisi penuh kesadaran, dan kemudian menularkannya pada anak anda ( jarang terjadi sebaliknya ). Mungkin anda berpikir, ’ Jangankan untuk memindahkan perhatian, untuk sejenak melupakan apa yang tengah saya pikirkan pun ( terutama persoalan sulit yang tengah melilit pada saat tertentu ) seringkali tidak berhasil ’. Kondisi penuh kesadaran memang tidak bisa dipaksakan, malah semakin anda paksakan semakin anda menjauh darinya. Walau begitu, ada beberapa teknik yang dapat anda pelajari untuk memunculkan kondisi penuh kesadaran tersebut, secara alami.

Yoga merupakan salah satu cara untuk menjalani kehidupan yang lebih sadar. Prinsip ajaran yoga adalah untuk menciptakan kehidupan yang selaras antara alam, tubuh, pikiran, emosi, dan jiwa, agar tercipta persatuan. Mempraktekkan yoga secara rutin akan membuat kita menguasai teknik-teknik penguasaan diri – mind, body, and soul – demi terciptanya kehidupan yang lebih sehat, seimbang, dan sadar.

Praktek yoga yang telah ada selama ribuan tahun ( sejak 3000 SM, di masa kebudayaan India Kuno ), yang dahulu saat awal kemunculannya adalah murni untuk kebutuhan dan tujuan spiritual, di zaman modern ini hadir untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat modern. Tidak hanya untuk keperluan spiritualitas murni, di zaman ini yoga juga telah merambah ke bidang – bidang lainnya, diantaranya: bidang kesehatan dan olahraga ( misalnya yoga untuk rehabilitasi medik, yoga untuk penyembuhan asma, dll ); bidang kecantikan ( misalnya yoga untuk pelangsingan, yoga untuk awet muda, dll ); bidang psikologi ( yoga untuk pengendalian emosi, yoga untuk manajemen stress,dll ); bidang seksologi; dan tentu saja, bidang pengasuhan anak ( prenatal yoga/yoga hamil, yoga anak, dan spiritual parenting yoga). Perkembangan yoga di dunia modern yang pesat ini telah membuktikan bahwa metode kuno yang telah berumur ribuan tahun tersebut tetap dapat selaras dan bermanfaat untuk masyarakat di setiap zaman.

Berlatih yoga secara teratur akan meningkatkan sensitivitas tubuh dan memunculkan rasa nyaman saat tubuh bergerak secara perlahan, akurat, dan diiringi aliran napas perlahan dan dalam. Rasa nyaman inilah yang akan secara lembut akan ’mengundang’ dan menarik perhatian anda dari segala macam beban kepenatan pikiran dan tetap berada didalam tubuh yang tengah bergerak mengalir, napas demi napas. Dan, di akhir sesi yoga, anda akan merasakan sensasi ’ kembali ke titik nol ’ bersama dengan munculnya kedamaian dan keheningan pikiran, untuk kembali siap menghadapi aktivitas dan tantangan selanjutnya pada hari tersebut.

Untuk para orang tua, khususnya Ibu, berlatih yoga sangat ideal untuk mempersiapkan fisik, mental dan spiritual untuk melakukan pengasuhan anak secara penuh kesadaran ( Mindful Mothering ). Anak-anak pun dapat secara positif mendapatkan manfaat dari berlatih yoga – terutama bila dilakukan bersama-sama dengan orangtuanya – agar keduanya dapat bersama-sama melepaskan kepenatannya, dan kemudian ( mungkin saja ) bisa saling mencurahkannya.

Berikut ini adalah beberapa tips yoga yang ringan dan mudah yang dapat anda lakukan di rumah untuk melatih kondisi yang lebih sadar ( bisa juga dilakukan bersama anak anda ) :

1. Bernapas dalam dan perlahan. Lakukan tarikan napas lebih dalam, dan hembusan napas lebih perlahan dari yang biasa anda lakukan. Bernapaslah secara penuh kesadaran ( arahkan perhatian anda pada napas ) selama beberapa saat, sambil memejamkan mata ( agar pikiran anda lebih mudah untuk hening dan tenang ), dalam posisi duduk atau berbaring. Lakukan setiap saat anda merasa penat dan memerlukan ketenangan secara cepat.

2. Lakukan beberapa stretching ringan yoga ( yoga asanas ) yang bermanfaat untuk melancarkan kembali aliran darah, menghilangkan ketegangan, dan menghangatkan tubuh, dan mengembalikan perhatian pada kenyamanan di dalam tubuh. Contohnya adalah :

    Gerakan merenggang dan memutar leher

  • Merentang tubuh ke samping ( dalam posisi duduk )
  • Memuntir tulang punggung
  • Melakukan gerakan kucing dan sapi ( bilikasana )
  • Merentangkan kaki, memutar pergelangan kaki, dan meregangkan jari-jari kaki.

Lakukan setiap saat tubuh anda merasa kaku dan lelah.

3. Lakukan beberapa posisi keseimbangan yoga ( yoga asanas ). Posisi berikut ini bermanfaat untuk menenangkan pikiran, karena keseimbangan tubuh yang baik memerlukan kondisi pikiran yang tenang. Selain itu, posisi berikut juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tubuh serta kemampuan untuk fokus. Diantaranya:

  • Posisi Vrksasana ( postur pohon )
  • Posisi Garudasana ( postur elang )
  • Posisi Ardha Chandrasana ( postur bulan setengah )
  • Posisi Virabhadrasana III ( postur keseimbangan pejuang )

Lakukan setiap saat anda merasa tidak bersemangat.

4. Lakukan meditasi ringan berikut ini yang bermanfaat untuk mengembalikan ketenangan dan konsentrasi. Sangat baik untuk mendiamkan pikiran yang sibuk dan menenangkan detak jantung. Baik untuk dilakukan kapanpun anda memerlukan pikiran yang kembali terpusat.

  • Mulailah dengan beberapa saat mengatur napas secara perlahan, dalam, dan sadar ( seperti teknik no.1 ). Lakukan hingga napas anda tidak lagi terasa kaku dan dapat mengalir dengan nyaman. Setelahnya bernapaslah dengan normal, namun perlahan. Tetap perhatikan napas anda.
  • Arahkan perhatian pada suara-suara di sekeliling anda. Biarkan pikiran anda menyusuri suara demi suara untuk beberapa saat. Kemudian pusatkan perhatian anda pada sumber suara yang paling rendah. Biarkan perhatian anda terpusat pada sumber suara tersebut, dan abaikan sumber suara lainnya. Perhatikan sumber suara tersebut, sambil tetap memperhatikan aliran napas normal anda.
  • Bila perhatian anda mulai mengembara, kembali dalamkan napas dan kembalikan perhatian pada suara tersebut. Lakukan setiap saat perhatian berpindah.
  • Lakukan meditasi ini selama mungkin yang anda rasakan nyaman. Mulailah 5 menit, dan tingkatkan waktunya seiring dengan kemajuan praktek anda.

( Yang terbaik adalah, lakukan sesi yoga secara penuh dan rutin dibawah bimbingan seorang pengajar, untuk terus memotivasi dan meningkatkan kemampuan anda ).

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana, sebagai reminder, yang dapat dilakukan untuk melakukan Mindful Mothering:

  • Stress merupakan satu hal yang membuat kita sulit untuk stay mindful, oleh karenanya antisipasi stress.
  • Tidur lebih awal, dan bangun lebih pagi. Anda akan mendapat cukup istirahat dan cukup waktu untuk mempersiapkan kehidupan anda dan buah hati esok paginya.
  • Awali hari dengan menanamkan hal – hal positif dalam pikiran anda. Berdoa di pagi hari atau gunakan satu atau dua kalimat afirmasi ( peneguhan ) yang akan mengakar kuat di pikiran bawah sadar anda.
  • Perlahankan ritme aktivitas anda. Lakukan tugas anda secara satu per satu, jangan dicampur, dan lakukan secara penuh minat dan konsentrasi.
  • Cek napas anda beberapa kali dalam sehari. Kuasai mood dan energi pikiran anda melalui napas anda.
  • Anak – anak adalah mahluk spiritual yang berukuran kecil namun setara dengan anda. Hargai diri anda dengan cara menghargai putra – putri anda. Bermain bersama mereka dengan sepenuh hati, dengarkan keluhan mereka dengan sepenuh hati, dan sepenuhnya hadir di masa kini bersama mereka.
  • Lakukan aktivitas-aktivitas yang juga bisa meningkatkan kesadaran dan spiritualitas dalam diri anak anda ( berdoa bersama, berkebun bersama, berlatih yoga bersama, dll ).
  • Berikan hati anda untuk setiap momen bersama anak anda.
  • Perbanyak bersyukur, kurangi mengeluh.

( Hand outs untuk event Mom s Lounge – Parenting Magazine, ‘ Bonding Optimal untuk Tumbuh Kembang si Kecil. Treehouse Cafe jl. Hasanudin Bandung 1 Agustus 2009 )

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of