Berlatih Yoga Secara Mandiri di Rumah, Mungkinkah ? ( Part 1 )

by Pujiastuti Sindhu
Wednesday, 28 April 2010 17:25

Share this post

Ada banyak motivasi/alasan mengapa seseorang berlatih yoga. Dari sekian banyak orang yang pernah saya temui dan mengikuti kelas – kelas kami di Yoga Leaf Bandung, saya dapat menyimpulkan bahwa secara umum ada 3 kategori alasan utama mengapa orang berlatih yoga, diantaranya:

1.    Alasan fisik: yoga sebagai alternatif berolahraga, untuk memperbaiki postur tubuh, menurunkan berat badan, atau sebagai terapi pemulihan tubuh dan penyembuhan penyakit.
2.    Alasan mental : yoga untuk manajemen emosi, mengatasi stress, dan menenangkan pikiran, dan
3.    Alasan spiritual : yoga untuk meraih kebahagiaan, kedamaian, meningkatkan kekhusyukan beribadah dan untuk pencerahan secara spiritual.

 

Tidak ada satu pun motivasi yang lebih baik dari motivasi lainnya, karena semuanya tergantung dari kebutuhan yang berbeda-beda dari setiap individu. Kabar baiknya, motivasi apapun yang anda miliki saat mulai berlatih yoga dapat terpenuhi seiring dengan latihan yang teratur dan berkelanjutan. Tidak hanya itu, anda pun akan mendapatkan ‘bonus-bonus tambahan’ diluar niat awal anda. Contoh kecilnya, saya cukup sering mendengar seseorang mengatakan bahwa niat awalnya berlatih yoga adalah untuk berolahraga dan kemudian ia menemukan sisi lain dari latihannya - yakni ketenangan pikiran dan kedamaian hati - sebagai ‘bonus’ yang membuatnya ‘jatuh cinta’ pada yoga. Contoh lainnya adalah  pengalaman saya sendiri, yang berlatih yoga karena ingin mengatur emosi agar tidak gampang panik dan mudah meledak, yang kemudian mendapatkan ‘bonus tambahan’ berupa badan yang sehat, lentur, kuat, dan berat badan yang seimbang ( tentu saja ini adalah bonus yang menyenangkan ? ). Artinya, berlatih yoga telah terbukti mampu untuk mengolah diri secara menyeluruh, fisik – mental – spiritual.

Kunci sukses berlatih yoga adalah bila dilakukan secara teratur dan berkelanjutan ( saya yakin ini juga kunci sukses untuk segala hal).  Berlatih secara teratur akan meningkatkan kemampuan tubuh secara LEBIH CEPAT dibanding bila berlatih sesekali, dan berlatih secara kontinyu akan memberi manfaat yang lebih PERMANEN dibanding berlatih secara musiman ( on and off ). Karena tubuh, pikiran, dan perasaan  memerlukan waktu untuk bisa berkembang ( agar lebih ‘kuat dan lentur’), berlatih secara musiman justru akan menghambat perkembangan berlatih anda dan membuat anda tetap  berada di ‘fase perkenalan’ saat beryoga ( selalu merasa sakit badan dan pegal-pegal selesai berlatih yoga, atau merasa sulit untuk berkonsentrasi dan sulit menikmati bermeditasi ). Berlatih yoga secara teratur akan menguatkan tubuh, membangkitkan feel tentang bagaimana sebuah teknik yoga harus dilakukan, dan menjaga suasana hati agar senantiasa berada dalam the state of being ( tenang, tentram, nyaman, damai dan bahagia ) dimanapun anda berada.

YOGA HOME PRACTICE

Salah satu cara untuk bisa berlatih yoga secara teratur dan berkelanjutan adalah dengan berlatih yoga secara mandiri di rumah. Berlatih dengan cara ini sangat menyenangkan karena bisa disesuaikan dengan waktu yang anda miliki. Tentu saja, berlatih yoga di rumah tidak mudah karena memerlukan usaha yang lebih keras daripada berlatih di dalam kelas ( maksudnya, berlatih di rumah membuat kita harus memikirkan banyak hal, sedangkan berlatih di kelas tinggal mengikuti instruksi saja ). Tulisan ini dimaksudkan untuk membantu anda memudahkan berlatih yoga di rumah secara mandiri.

Alasan yang paling umum adalah, ‘ Saya lebih bersemangat untuk berlatih di kelas yoga,’ atau, ‘ Saya tidak punya waktu untuk berlatih di rumah ‘, atau, ‘ Saya tidak tahu harus melakukan apa bila berlatih di rumah ‘. Memang, berlatih yoga di dalam kelas yoga terasa lebih menyenangkan, penuh energi dan motivasi. Ini didukung oleh energi kolektif yang dipancarkan oleh setiap orang yang hadir di kelas, juga oleh suasana ruang kelas yoga yang umumnya dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan setiap orang untuk memusatkan perhatian. Hal terbaik dari berlatih di dalam kelas yoga sebenarnya adalah dengan hadirnya pelatih/instruktur yang akan mengarahkan, membenahi postur, memberi motivasi dan inspirasi, serta membimbing pikiran agar tetap rileks mulai dari savasana awal hingga savasana akhir, dan diakhir sesi yoga nanti semua orang yang berada di dalam kelas akan berada dalam the state of being, siap untuk bermeditasi.

Tapi, berlatih yoga di rumah tidak kalah menarik dan menantang untuk dilakukan. Malah, bisa dikatakan, berlatih yoga dirumah adalah ‘latihan yoga yang sebenarnya’, tempat dimana kita menyerap dan mempraktekkan semua pelajaran yang didapat dari kelas yoga.  Analoginya, bila anda masih bersekolah, tidak mungkin anda bisa memahami pelajaran di sekolah tanpa mengulangnya kembali dirumah. Saat berlatih dirumah, anda dapat berlatih sesuai dengan ritme anda sendiri, untuk mengulang dan memperdalam ‘pelajaran’ yang telah disampaikan di kelas yoga.

Saya tidak bermaksud untuk mengatakan bahwa lebih baik berlatih yoga di rumah daripada datang ke kelas yoga. Bagaimanapun, tidak ada yang bisa menggantikan peran seorang pelatih/instruktur yang membimbing muridnya secara langsung. Anda pun baru bisa melakukan praktek dirumah setelah berlatih sekian lama di dalam kelas yoga, dan bahwa praktek yoga di rumah merupakan ekstensi/perpanjangan dari berlatih dalam kelas yoga. Maksud saya, yoga baru bisa bermanfaat bila dibawa ke dalam kehidupan sehari – hari dan bila bisa dipraktekkan kapanpun dibutuhkan. Bila anda suka anda dapat terus berlatih bersama pelatih/instruktur anda sambil juga mempraktekkan yoga secara mandiri di rumah. Kombinasikan kedua-duanya dan anda akan merasakan perkembangan berlatih yang lebih pesat.

TEMUKAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK BERLATIH YOGA DI RUMAH

‘ Tapi saya tidak punya waktu untuk beryoga dirumah ‘….

Percayalah, waktu akan selalu ada, tinggal anda pintar-pintar saja untuk membaginya. Kebanyakan orang yang mengatakan tidak punya waktu sebenarnya tidak tahu cara membagi waktu. Berbagi sedikit dari pengalaman pribadi saya, saya dahulu sempat merasa tidak punya waktu untuk mengerjakan ini dan itu padahal waktu itu saya tidak terlalu banyak kegiatan. Nah, sekarang ini saya baru punya bayi dan merasa banyak sekali hal bisa dikerjakan dalam seharinya, termasuk mengajar dan berlatih di rumah setiap harinya.

Waktu yang terbaik untuk berlatih yoga adalah di pagi/subuh atau sore hari. Konon, kedua waktu ini disebut sebagai brahma muhurta ( waktu dewa ) karena memiliki titik energi spiritual tertinggi. Terlepas dari konsep tersebut, mungkin anda sendiri bisa merasakan bahwa di kedua waktu itulah anda berada dalam kondisi yang paling segar atau santai - pagi hari setelah beristirahat semalaman, dan sore hari setelah menuntaskan semua pekerjaan/aktivitas - sehingga lebih mudah untuk memusatkan pikiran.

Untuk menghindarkan diri dari perasaan terburu-buru, bangunlah lebih pagi setiap harinya untuk berlatih yoga sebelum memulai beraktivitas. Bangun lebih awal setiap pagi akan membuat hari terasa lebih panjang. Kurangi juga aktivitas malam setelah berlatih yoga. Ini akan membuat manfaat berlatih yoga meresap lebih dalam.


CIPTAKAN SUASANA BERLATIH YOGA YANG NYAMAN

Salah satu kelebihan berlatih yoga di kelas yoga adalah hadirnya suasana yang mendukung terciptanya perasaan rileks, nyaman, dan terpusat. Suasana adalah satu hal yang penting untuk ADA bila anda ingin sukses berlatih yoga di rumah, karena suasana yang tepat AKAN menimbulkan keinginan untuk berlatih yoga. Sebaliknya, suasana yang tidak tepat TIDAK MUNGKIN menimbulkan keinginan untuk berlatih ( apalagi untuk berlatih di rumah seorang diri ).

Cara mudahnya, siapkan satu sudut di dalam rumah anda ( atau dikamar anda ) dimana anda berencana untuk berlatih yoga setiap harinya.  Tidak perlu space yang terlalu besar, namun pastikan sudut tersebut cukup private ( berlatih yoga memang memerlukan privasi tinggi! ) dimana anda bisa menaruh segala macam perlengkapan berlatih yoga anda. Miliki perlengkapan standar berlatih yoga ( minimal matras yoga ) sebagai investasi. Hiasi sudut berlatih yoga anda dengan berbagai hal yang bisa menimbulkan inspirasi dan menciptakan suasana yang anda suka, misalnya dengan memajang gambar pemandangan alam ( bila anda senang dimanjakan melalui bentuk visual ); menyediakan incense/oil burner ( bila anda senang dengan wangi-wangian ); menyediakan cd player untuk memasang koleksi musik relaksasi atau letakkan water fountain kecil di atas meja ( bila anda senang dengan bunyi-bunyian ); atau menyediakan karpet bulu untuk alas berbaring savasana atau memiliki syal atau bantal bermeditasi ( bila anda senang dengan sensasi rasa ). Tidak ada batasan dalam hal ini, anda yang paling tahu apa yang bisa membuat anda terinspirasi, so be creative!

 

SELALU MULAI DENGAN SAVASANA

Savasana atau corpse pose adalah satu asanas yang paling disukai oleh banyak praktisi yoga - setidaknya saya demikian – yang akan memusatkan pikiran dan memindahkan perhatian anda dari segala macam kesibukan dan aktivitas yang dilakukan sebelumnya dan bersiap ‘hadir’ ke suasana beryoga.
Teknik ini sangat sederhana, cukup dengan membaringkan tubuh, merenggangkan kedua lengan dan kaki, mengarahkan telapak tangan ke atas , membiarkan otot-otot tubuh lemas dan beban tubuh sepenuhnya disangga oleh alas. Setelahnya mengatur ritme napas, dan mengamati sensasi dari napas dan tubuh. Lakukan selama yang anda perlukan dan perhatikan bahwa selanjutnya aktivitas pikiran menjadi lebih perlahan, napas menjadi lebih dalam, dan perasaan lebih tentram. Dalam kondisi ini anda telah terpusat, dan siap untuk melanjutkan ke aktivitas yoga berikutnya.

( to be continue yaa.. )

Comments  

 
0 #9 ujie 2013-10-01 08:30
tidak sulit. Coba utk susun sekuens sendiri (atau berdasarkan yg dijelaskan dlm tulisan ini ). Melakukan sekuens yang sama setiap harinya akan mempermudah praktik yiga d rumah. Goodluck !
Quote
 
 
0 #8 Latihan Yoga 2013-10-01 04:41
Sangat sulit untuk memberikan panduan yang benar apabila berlatih sendiri di rumah...
Quote
 
 
+1 #7 mutiara sofia 2013-02-06 08:48
saya berharap di jakarta selataan dan sekitarnya ada yogaleaf
Quote
 
 
0 #6 ujie 2012-04-22 02:35
Quoting Blair Borradior:
:lol: hye. .i'm Blair, yoga is my favorite,i hope you can give me tipz2 yoga in the malaysia language.Cause,i want share with my bestfriend.So,take care! Bye. . . . :lol:


Wish I can write a good article in Malaysia or English someday
Quote
 
 
+2 #5 Blair Borradior 2012-04-21 19:02
hye. .i'm Blair, yoga is my favorite,i hope you can give me tipz2 yoga in the malaysia language.Cause,i want share with my bestfriend.So,take care! Bye. . . .
Quote
 
 
+1 #4 eincha 2011-09-14 14:31
haiii..
sy ingin sekali bljr yoga..
apakah ad buku petunjuk dalam bentuk gambar tuk belajar yoga d humz..??
thx..
Quote
 
 
0 #3 ami 2010-09-03 13:25
Salam kenal,

Sy mau nanya ada cab di jakarta terutama di jakarta Barat.
Quote
 
 
-1 #2 ujie 2010-07-09 12:37
Lanjutannya ada di tulisan ( Part 2 ).. petunjuk mengatur sekuens akan saya jelaskan setelahnya :) thanks
Quote
 
 
+1 #1 three 2010-07-08 06:10
mana dunk lanjutan'y??
pengen nyoba d rmh neh...
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh