Ikhlas


Menjadi guru adalah pekerjaan ikhlas.

Kamu memilihnya semata karena itu adalah hal yang selalu memanggil jiwamu. Itulah yang mampu membangkitkan api semangatmu. Itulah yang mampu melarutkanmu ke keheningan yang dalam. Itulah meditasimu. Itulah ritualmu. Itulah doa-doamu. Itulah baktimu. Itulah pelayananmu.

Menjadi guru membuatmu merasa berguna bagi kemanusiaan. Tetapi muridmu bukanlah milikmu. Kamu adalah sebuah jalan yang mereka temukan ditengah perjalanan mereka. Kamu penting untuk berada disitu, tetapi mereka tidak bisa berhenti disitu. Mereka harus terus berjalan menuju tujuannya masing-masing.

Janganlah bersedih. Karena sebenarnya tidak ada yang benar-benar engkau miliki. Bahkan ilmu yang kamu ajarkan pun sebenarnya bukan milikmu.

Kamu adalah seorang pembawa pesan kebaikan lewat ilmu yang kamu ajarkan. Lakukan peran itu sebaikmu tanpa perlu memperturutkan egomu. Ikhlaslah. Biarkan Tuhan yang menyelesaikan tugas-tugasmu.

Murid-murid akan selalu hadir dalam hidupmu, datang dan pergi melalui jalanmu, lewat jaring-jaring besar penghubung yang tak nampak. Cukuplah itu menjadi sumber kebahagiaanmu sebagai seorang guru.

Sungguh, ini bukanlah tentang dirimu.

#mbahmoen

#selamatjalan

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of