Berlatih Yoga Untuk Detoksifikasi Selama Bulan Puasa

Apa itu Puasa ?

Berpuasa adalah sebuah tindakan suka rela untuk tidak memakan makanan apa pun untuk sementara waktu, yang telah dilakukan selama berabad-abad sebagai ibadah dalam agama-agama besar di dunia serta merupakan terapi penyembuhan yang tertua dalam sejarah pengobatan manusia. Banyak ahli kesehatan yang menganjurkan praktek puasa dikarenakan puasa merupakan salah satu penyembuh alamiah yang terbaik ( bahkan binatang pun ‘berpuasa’ saat mereka sakit, untuk mengeluarkan racun yang masuk ke dalam tubuhnya ).

Saat berpuasa, organ-organ pencernaan akan beristirahat sepenuhnya dan tubuh pun mendapat kesempatan untuk membersihkan diri dari segala kotoran dan racun yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun ( detoks ).Dengan berpuasa, kita mengalihkan energi yang biasanya dipergunakan untuk mencerna makanan ke otak, dan meningkatkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi.

Berikut ini manfaat secara menyeluruh ( fisik, mental, dan spiritual) dari berpuasa, diantaranya:

Manfaat Fisik –  Berpuasa akan mengistirahatkan organ pencernaan. Tubuh akan terasa lebih ringan. Energi tubuh yang biasanya dialirkan ke pencernaan akan berfungsi untuk perbaikan dan penyembuhan tubuh. Berpuasa pun meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuang toksin dari tubuh ( detoksifikasi ).

Manfaat Mental – Berpuasa menguatkan fikiran dan kemampuan tekad. Seperti halnya tubuh, kita bisa menguatkannya lewat tantangan fisik, kita pun dapat membuat pikiran bekerja dengan lebih baik ( untuk terpusat/fokus) dengan memberikan tantangan yang lebih berat pada pikiran.

Manfaat Spiritual – Saat tubuh dan fikiran tidak dikuasai oleh energi vibrasi dari makanan, maka tubuh dan fikiran akan lebih mudah terpusat pada hal – hal spiritual ( khusyuk ).

Apa itu Detoksifikasi?

Merupakan tindakan pembersihan diri dengan cara membuang timbunan kelebihan sampah dan racun yang telah terkumpul dalam tubuh selama bertahun-tahun. Racun dalam tubuh berasal dari bahan pengawet, bahan pewarna, junk food, makanan yang terlalu berlemak atau terlalu banyak gula, alcohol, kafein, rokok, polusi udara, pestisida, dan lain – lain yang identik dengan gaya hidup tidak sehat.

Manfaat Detoksifikasi:
–    Membersihkan dan meremajakan sistem tubuh.
–    Memperbaiki peredaran darah dan sistem kekebalan tubuh
–    Mengembalikan fungsi dan keseimbangan alami tubuh, meningkatkan kesehatan.
–    Menambah energi tubuh sehingga dapat memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi.
–    Membersihkan dan mengencangkan kulit serta menghilangkan selulit.
–    Menurunkan berat badan.

Sebenarnya, setiap hari tubuh sudah melakukan proses detoksifikasi secara teratur dan alami, yakni melalui urin dan tinja. Selain itu, tubuh pun telah dilengkapi seperangkat ‘organ detoks’ yang canggih, yang berfungsi untuk membuang toksin, diantaranya :

1.    HATI
Memiliki dua fungsi, sebagai pengatur metabolisme dan juga sebagai organ detoksifikasi. Hati bertugas menyaring bahan – bahan racun yang masuk kedalam tubuh melalui makanan atau lingkungan dan mengubahnya menjadi bentuk yang bisa digunakan oleh tubuh, menyimpannya, atau membuangnya untuk mencegah keracunan. Hati bertugas meng handle alkohol, obat-obatan, racun, dan kafein yang masuk kedalam tubuh dan mengubahnya menjadi bentuk yang bisa dibuang oleh tubuh.

2.    GINJAL
Berfungsi untuk membersihkan darah dengan cara menyaring sisa racun dari darah dan membuangnya dalam bentuk urin. Ginjal juga bertanggungjawab untuk menjaga cairan di dalam tubuh agar berada dalam jumlah yang tepat dan mengatur keseimbangan kalium dan natrium agar cairan dalam tubuh mengalir dengan benar. Jika darah mengandung terlalu banyak racun dan sampah, maka ginjal harus bekerja keras. Bila ginjal tidak optimal menjalankan tugasnya, tubuh menjadi lamban, lesu, dan mudah sakit.

3.    KELENJAR GETAH BENING
Sistem ini bertindak sebagai ‘sarana pembuangan sampah’ bagi tubuh. Cairan getah bening, yang dihasilkan oleh kelenjar getah bening di berbagai bagian tubuh akan menyerap sel-sel mati, kelebihan cairan dan produk sisa lainnya dan membawanya ke nodus-nodus getah bening. Disini bahan sisa di saring dan akhirnya dimasukkan ke dalam darah untuk kemudian dialirkan ke salah satu sistem pembuangan: kulit, hati atau ginjal untuk dikeluarkan dari tubuh.

4.    KULIT
Merupakan organ tubuh yang paling luas dan melayani banyak fungsi penting dalam tubuh. Kulit menjadi petunjuk tentang apa yang terjadi di dalam tubuh. Kulit yang pucat, bercahaya, segar atau kuning menjadi indikasi dari kondisi tubuh kita. Sebagai organ pembuangan, walaupun tidak sepenting hati, ginjal, atau kelenjar getah bening, tetapi kulit dengan sifatnya yang semi permeabel berfungsi sebagai ’saringan besar’ yang bertugas mengeluarkan sejumlah besar produk sisa dari tubuh melalui keringat. Bila fungsi organ pembuangan lainnya terganggu, kulit pun akan terganggu kesehatannya

Walaupun tubuh telah memiliki serangkaian organ detoksifikasi tersebut, jika salah satu organnya tidak berfungsi sempurna – misalnya karena stress sehingga kinerjanya terganggu, atau bila sampah racun yang masuk lebih banyak dari yang mampu untuk dikeluarkan – maka fungsi kerja organ detoksifikasi akan melambat, dan keseimbangan pembuangan racun  pun akan terganggu. Berpuasa secara teratur, mengatur pola makan sehat dan seimbang, dan berlatih yoga merupakan usaha tambahan yang sangat disarankan untuk lebih melancarkan proses detoksifikasi.

Yoga Untuk Detoksifikasi:

Dalam bahasa sansekerta kuno, yoga berarti union ( penyatuan ). Dalam interpretasi modern, yoga dapat diartikan sebagai sebuah bentuk olah tubuh yang bertujuan untuk menyeimbangkan aktivitas tubuh, pikiran dan jiwa ( body, mind, and spirit ). Dalam kehidupan modern, tubuh kita menahan beban fisik dan stress keseharian yang akan bertumpuk di bagian tubuh tertentu, dan mengakibatkan berbagai ketidaknyamanan fisik, mental, maupun psikis.

Hatha Yoga memfokuskan pada teknik-teknik asanas (postur yoga), pranayama (teknik pernapasan), mudra (gestur tubuh), bandha (teknik penguncian prana), serta relaksasi yang mendalam. Melalui berbagai macam posisi tubuh yang disertai dengan cara bernapas yang benar akan meningkatkan kekuatan, kelenturan, meredakan ketegangan, meningkatkan konsentrasi dan memberikan energi baru pada tubuh.

Yoga Untuk Detoksifikasi secara khusus difokuskan untuk memijat organ pencernaan yang akan meningkatkan fungsi kerja organ detoks utama ( hati, ginjal ) serta meningkatkan gaya peristaltik usus untuk membersihkan kerak-kerak sisa makanan pada dinding usus. Tidak hanya berlatih olah fisik yang akan menyegarkan tubuh, berlatih yoga juga melatih pikiran untuk tetap terpusat serta melatih kemampuan hati untuk berkontemplasi dan senantiasa terhubung dengan Sang Maha Pencipta.
Dalam setiap pertemuan, para peserta akan mendapatkan panduan lifestyle adjustment dan pola makan yang sehat dan selaras ala yoga.

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1437 H, Yoga Leaf Indonesia School of Yoga ( RYS200 – Registered Yoga School & RPYS – Registered Prenatal Yoga School by Yoga Alliance ) mengajak bpk/ibu/sdr/i untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan pikiran dengan mengikuti program Ramadhan Detox Yoga Unlimited Package yang diadakan di sepanjang bulan Ramadhan ( periode 6 Juni – 3 Juli 2016 ). Dipandu oleh para fasilitator yoga yang berpengalaman dan berkualitas ( Certified Yoga Leaf Teacher & RYT200 by Yoga Alliance ) dan dengan perlengkapan berlatih yoga yang lengkap, kami mengajak anda untuk bersama – sama membersihkan tubuh, fikiran dan hati untuk meraih manfaat yang lebih optimal dari ibadah berpuasa.

Mari bergabung dalam program Ramadhan Detox Yoga dengan hanya membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.500.000,- ( lima ratus ribu rupiah ) untuk mengikuti kelas Detox Yoga kami, sesering mungkin, setiap harinya di Yoga Leaf Center – Buah Batu & Yoga Leaf @ Voila – Dago.

Untuk jadwal kelas silakan klik link ini dan untuk info lebih lanjut dan pendaftaran silakan hubungi kami via Novie/Meti di Yoga Leaf Center ( 022 7304598 ) atau via WA di 087821581922.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of