Apa itu Insomnia dan Apa Penyebabnya ? ( Yoga Untuk Sulit Tidur – Part I )

Sulit tidur adalah gejala ketidaknyamanan yang banyak dialami saat ini di jaman modern, dan gejala sulit tidur yang terjadi terus menerus disebut dengan istilah Insomnia. Seseorang dikatakan mengalami insomnia bila ia sulit untuk memulai tidur malam, atau terjaga di tengah malam dan sulit untuk kembali tertidur. Berdasarkan tingkat keparahannya, insomnia terdiri dari beberapa tingkatan, yaitu: insomnia ringan ( terjadi kurang dari 1 minggu ), insomnia normal ( terjadi lebih dari 1 minggu ), insomnia akut ( lebih dari 1 minggu, tapi kurang dari satu bulan ), dan insomnia kronis ( lebih dari 1 bulan ).

 

Ada beberapa penyebab insomnia, diantaranya:

1.    Ketidaknyaman fisik : kondisi tulang punggung yang tidak simetris, terjepit syaraf, sesak napas, sakit punggung dan pinggang, nyeri pinggul, efek penggunaan obat,dll.
2.    Perubahan jam tidur akibat gaya hidup : sering begadang, mengganti jadwal tidur ( terjaga di malam hari, tidur di siang hari ), makan terlalu malam, mengkonsumsi zat stimulan di malam hari ( misalnya kopi dan teh).
3.    Beban pikiran / stress.

Istirahat yang cukup akan memberikan waktu pada tubuh untuk memperbaharui energinya secara menyeluruh sehingga tubuh kembali siap beraktivitas di hari berikutnya. Kurang waktu istirahat akibat Insomnia dapat menyebabkan beberapa kerugian dalam kesehatan, diantaranya : meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, mudah cemas dan depresi, dan menurunkan kekebalan tubuh sehingga membuatnya rentan dihinggapi virus – virus penyakit. Oleh sebab itu, disarankan untuk tidur kurang lebih 1/3 waktu dari satu hari, yakni sekitar 6 – 8 jam perhari untuk kesehatan yang lebih baik.

 

Artikel berikutnya adalah tentang “ Tips Untuk Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia “. Ditunggu yaa ^^

Namaste.

Ujie

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of